Roadshow Deureuham Yogyakarta

Roadshow Deureuham Yogyakarta

Bekraf, Yogyakarta – Badan Ekonomi Kreatif menggelar Roadshow terakhirnya dalam acara Deureuham 2019 di Hotel Grand Mercure Sleman, Yogyakarta pada Kamis (23/5). Ini merupakan roadshow terakhir yang sebelumnya digelar di Bandung (30/4), Padang (4/5), Aceh (11/5), Banjarmasin (14/5), dan Makassar (18/5). Kasubdit Perbankan Syariah, Imam Wuryanto menyebutkan bahwa Yogyakarta menjadi ’Gongnya‘ acara Roadshow Deureuham 2019 melihat tingginya antusiasme para pelaku ekonomi kreatif yang mendaftar dan ingin hadir dalam acara ini. “Roadshow terakhir ini merupakan ‘Gongnya’ Roadshow Deureuham 2019. Sebanyak 1.049 pelaku ekonomi kreatif mendaftarkan diri untuk bisa langsung mengikuti acara Sosialisasi Deureuham di Yogyakarta, namun hanya 150 orang pelaku ekonomi kreatif yang terpilih hadir dalam acara ini.” Peserta yang hadir tidak hanya dari daerah sekitar Yogyakarta saja, namun juga berasal dari berbagai kota-kota lainnya seperti Temanggung, Purwokerto, Jember, Bekasi, Bandung dan Palu.

“Acara ini memberikan kesempatan kepada pelaku ekonomi kreatif yang ingin mendampatkan pendampingan dan akses modal kapital untuk mengembangkan bisnisnya. Pendampingan ini juga dilakukan oleh Bekraf yang bekerja sama dengan BNI Syariah” ujar Direktur Akses Perbankan Bekraf, Yuke Sri Rahayu dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Tri Endah Yitnani yang juga hadir dalam acara ini mengatakan “Dengan acara Dereuham ini, saya berharap pelaku ekonomi kreatif di Yogyakarta dapat meningkatkan skala penjualannya, memasarkan produksinya tidak hanya dipasarkan dalam pasar lokal namun juga bisa dipasarkan ke pasar Internasional.”

Pemenang kedua kategori Umum pada Deureuham 2018 owner Arane, Elsana Bekti Nugroho juga turut berbagi pengalaman dengan pelaku kreatif yang hadir. “Melalui program Dereuham 2018: Islamic Creative Economy Competition, memberikan keuntungan yang luar biasa bagi saya seperti, pertama saya mendapatkan jaringan dan mendapatkan komunitas serta posibilitas baru sehingga bisa berkolaborasi dengan sesama pelaku ekonomi kreatif, yang kedua mendapatkan fasilitasi dan pendampingan dari Bekraf dan BNI Syariah dan yang ketiga berkesempatan mendaftar dalam acara Internasional Islamic Competition di Dubai.”

Saat ini Bekraf masih membuka pendaftaran bagi pelaku ekonomi kreatif melalui website https://dereuham.com yang kemudian nantinya akan di seleksi hingga mendapatkan dua pemenang dari empat kategori yang dilombakan. Pendaftaran Deureuham 2019 akan ditutup 3 Juli 2019 mendatang. Keempat kategori kompetisi yang dilombakan meliputi dari jasa kreasi digital, teknologi, kuliner, serta kriya dan desain produk. (Jeng)