Roadshow Deureuham Makassar

Bekraf, Makassar – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan, Direktorat Akses Perbankan bekerjasama dengan BNI Syariah menyelenggarakan acara Roadshow Deureuham 2019: Islamic Creative Economy Competition pada Sabtu (18/5/2019) di Four Points By Sheraton Hotel, Makassar. Acara ini dihadiri sekitar 170 peserta dari sekitar Makassar.

Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Deureuham, tahun pertama Deureuham hanya memiliki 2 kategori yaitu umum dan teknologi. Untuk Deureuham Tahun 2019, dari 16 sub-sektor yang ada di Bekraf, terdapat empat kelompok katagori yang dikompetisikan, yakni jasa kreasi digital (film, animasi, dan fotografi), teknologi (aplikasi dan games; software dan hardware), kuliner, dan kriya dan desain produk.

Deureuham merupakan rangkaian program yang bertujuan untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif berbasis syariah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari Perbankan Syariah, meningkatkan kapasitas pelaku usaha kreatif syariah, serta meningkatkan daya saing dan kompetensi usaha kreatif syariah.

Permodalan adalah salah satu dari dua hal yang sering dikeluhkan dari UKM kita selain pemasaran. Para pengusaha UKM tidak bisa hanya menyalahkan perbankan yang tidak mau memberikan akses permodalan, mereka juga harus introspeksi diri, apakah sebagai pengusaha mereka sudah memiliki kapasitas yang memang diinginkan atau dipersyaratkan oleh perbankan untuk memberikan modal.

 “Melalui platform Deureuham ini, yang utama adalah mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dari para mentor. Pengetahuan dan keterampilan itulah yang akan membuat para wirausaha-wirausaha yang baru merintis usaha untuk melejitkan dan meningkatkan kapasitas usahanya.” ujar Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo.

Owner Vitajahe Sara’ba, Aliyani Syukur sebagai salah satu finalis Deureuham 2018 berbagi pengalamannya. Ia mengatakan “Yang menjadi salah satu faktor utama kendala kita di UKM itu akses perbankan dan alhamdulilah dengan kita menjadi finalis di Deureuham ini kita mempunyai spesial akses ke perbankan BNI Syariah, nah ini yg sangat bagus sekali kita manfaatkan.”

Pada sosialisasi Deureuham 2019, Bekraf menghadirkan beberapa mentor dalam bidang pengembangan usaha kreatif untuk meningkatkan wawasan ekrafpreneur dan startup berbasis Syariah seperti Hidayat Tri Wahyudi, kepala cabang BNI Syariah Makassar; Jaya Setiabudi, Owner YukBisnis.com; dan Ronald Yusuf Wijaya, Ketua Umum AFSI.

Makassar merupakan lokasi sosialisasi Deureuham 2019 yang kelima, kemudian kegiatan ini akan berlanjut ke kota keenam dan terakhir yaitu Yogyakarta pada tanggal 23 Mei 2019. Setelah itu maka akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu seleksi administrasi, penjurian, verifikasi lapangan, bootcamp nasional, dan puncaknya acara awarding yang akan diselenggarakan di Jakarta tanggal 1 September 2019.

Pemenang Deureuham 2019 berhak mendapatkan hadiah modal usaha 30 juta untuk juara 1 per kategori dan 20 juta untuk juara 2 per kategori, total permodalan hingga Rp. 20 Miliar, serta memiliki kesempatan untuk mengikuti International Creative Economy Competition di Dubai. (valen)